MANFAAT IKAN JELER

Manfaat Ikan Jeler
================





Ikan Jeler kecil atau Nemacheilus Chrysolaimos merupakan sejenis ikan air tawar yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan ikan jeler ini bertubuh kecil. Ikan ini hidup di sungai-sungai kecil, yang jernih dan beraliran deras, serta menyebar di wilayah Jawa Barat. Kepalanya berwarna cokelat, dilengkapi dengan sebuah bintik gelap di antara kedua mata, serta dua bintik yang lain di tiap sisi fontanel, kemudian sisi bawah berwarna putih.

Mulutnya terletak di bawah moncong, melengkung seperti busur. Di sekitar mulut terdapat tiga pasang sungut pendek. Mangsa yang senang diincarnya yaitu tempayak lalat atau Diptera dan Trichoptera. Selanjutnya, marikita simak bersama manfaat dan khasiat ikan nya:


1. Mengandung Protein

Protein yang terkandung dalam ikan Jeler Kecil berperan penting dalam tubuh manusia. Diantaranya yaitu mampu meningkatkan massa otot, menjaga ketahanan tubuh, dan menjaga daya tahan tubuh. Maka dari itu anda perlu mengonsumsinya secara teratur.

2. Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan Jeler Kecil,bermanfaat mampu meningkatkan kesehatan otak. Selain itu juga mempercepat dalam oksigenasi ke otak dan berguna untuk keseimbangan cairan yang tepat di seluruh tubuh, yang memfasilitasi respon syaraf.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Kadar zat besi yang tergolong tinggi pada ikan Jeler Kecil,berkhasiat membantu memperlancar peradaran darah. Dengan seperti itu, tubuh akan menjadi lebih segar dan bugar. Hal ini dapat mencegah terjadinya berbagai macam penyakit berbahaya, seperti jantung, penyumbatan pembuluh darah dan stroke.

4.Memperkuat Struktur Tulang

Pada daing ikan Jeler Kecil, memiliki kandungan vitamin D. Berperan dalam tubuh yaitu membantu memperkuat struktur tulang manusia. Bagi para lansia, konsumsi ikan ini mampu membantu mencegah osteoporosis. Selain itu, dalam masa pertumbuhan, mengonsumsi ikan ini dapat membantu untuk tumbuh tinggi.

5. Sumber Energi

Mengonsumsi ikan Jeler Kecil, bermanfaat sebagai sumber energi bagi manusia. Dagingnya memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, dilengkapi adanya protein. Sehingga anda tidak akan mudah capek, lemas dan lesu.

6. Tidak Menyebabkan Kelebihan Berat Badan

Apabila anda mau makan ikan Jeler kecil, jangan khawatir takut kegemukan dan obesitas. Sebab kandungannya tidak akan menimbulkan obesitas atau kegemukan. Hal ini membuatnya lebih mudah dicerna dan juga tidak akan menumpuk di tubuh anda.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang tinggi pada daging ikan Jeler Kecil. Bermanfaat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, dengan mengonsumsi ikan ini setiap hari, kesehatan indera penglihatan anda akan tetap terjaga. Selain itu juga mencegah iritasi ringan.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan Jeler Kecil, mampu bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, anda perlu mengonsumsinya secara teraturdan rutin. Paling tidak minimal dua kali dalam seminggu.

9. Mencegah Resiko Stroke

Pada umunya, stoke terjadi karena penderita juga mengalami tekanan darah tinggi. Selain itu juga sering mengonsumsi makanan tinggi lemak. Ini semua penyebab utama timbulnya penyakit tersebut.Namun jangan khawatir, sebab kalau makan daging ikan Jeler Kecil secara rutin, bermanfaat menjaga sistem kardiovaskuler tubuh, serta akan sedikit mengurangi risiko penyakit stroke.

10. Mencegah Diabetes

Ikan Jeler Kecil merupakan salah satu jenis makanan yang bermanfaat untuk mencegah diabetes. Tidak mengandung gula yang memperparah penyakit. Maka dari itu, konsumsilah secara rutin dan teratur ikan ini. Paling tidal sekali dalam seminggu.

Komentar